Sabun dan sampo bayi

Apa Itu Skincare Bayi dan Apakah Bayi Membutuhkannya?

Memiliki buah hati untuk pertama kalinya pasti membuat orang tua begitu bahagia dan bersemangat. Namun di segi lain, akan banyak kebingungan dikarenakan belum berpengalaman melindungi si Kecil, salah satunya disaat bicara mengenai skincare bayi. Meskipun beberapa orang berpikir bahwa bayi tidak mesti product perawatan kulit dikarenakan dia hanya berada di didalam rumah dan tidak terpapar lingkungan luar, nyatanya bayi justru butuh perawatan intensif dikarenakan kulitnya masih terlampau rentan dan sensitif. Jangankan paparan polusi, pergantian suhu dan gesekan bersama kain saja bisa membuat kulitnya kering hingga lecet.

Itulah alasannya apalagi sebelum dia lahir ke dunia, orang tua mesti sadar kurang lebih product skincare apa saja yang akan diperlukan bayi jadi sbelum lahir kalian harus sering bermain di slot garansi kekalahan. Tapi hati-hati, diantara sekian banyak style product perawatan kulit bayi ada juga lho yang pakai bahan-bahan beresiko agar selektif didalam menentukan product yang pas jadi sebuah keharusan. Secara umum, ada 4 kriteria skincare bayi yang baik: hypoallergenic, punya persentase yang natural, lembut dan organik. Berikut ini adalah daftar skincare bayi yang direkomendasikan:

1.  Sabun dan sampo bayi

Meskipun memandikan bayi yang baru lahir setiap hari tidak direkomendasikan oleh banyak ahli (1), namun bukan bermakna si Kecil tidak boleh terkena air mirip sekali dikarenakan kadangkala dia juga mesti beri kesegaran diri bersama air hangat yang nyaman. Saat waktunya mandi tiba, orang tua mesti sudah siap bersama sabun dan sampo bayi yang aman untuknya. Apapun merk sabun dan sampo yang jadi pilihan, pastikan product berikut pakai bahan-bahan alami seperti susu atau ekstrak tumbuhan dan tanpa tambahan wangi-wangian dan juga paraben yang bisa membuat kekeringan pada kulitnya yang peka. Memilih sabun dan sampo bayi yang tidak pedih di mata juga direkomendasikan agar buah hati senantiasa terasa nyaman dan tidak kaget dikarenakan matanya yang pedih di saat-saat pertamanya bermain air (1,3).

2. Baby oil

Baby oil merupakan salah satu product perawatan kulit yang fungsinya adalah untuk membuat kulitnya lebih licin dan memudahkan Ayah dan Ibu untuk melakukan pijatan yang membuatnya nyaman dan tidur lebih lelap. Biasanya, baby oil digunakan sehabis mandi disaat bayi mengidamkan rileks sebentar merasakan pijatan lembut yang diberikan. Kabar baiknya adalah biasanya baby oil tidak punya tambahan wangi-wangian yang membuat kulitnya kering. Namun tak hanya baby oil yang sudah jadi, sekarang sudah banyak orang tua pakai virgin coconut oil sebagai alternatif yang lebih alami. Tapi ingat, fungsi skincare ini lebih pada perawatan kulit dan persiapan pemijatan dan juga bukan terlampau melembabkan (1).

3.  Losion pelembab

Nah, untuk pelihara kelembaban kulit buah hati, losion pelembab atau moisturizer adalah rahasianya. Kendati ada juga orang yang berpendapat bahwa kulit bayi membawa kelembabannya sendiri agar tidak mesti perawatan kulit, mesti diingat bahwa proses memandikan, berkontak bersama air hangat dan pergantian suhu di sekitarnya bisa pengaruhi persentase air didalam kulit. Ketika ada bayi yang tahan bersama pergantian tersebut, jangan mengambil resiko bersama membiarkannya tanpa perlindungan. Mengaplikasikan lotion bayi sehabis mandi bisa menunjang mengunci persentase air di kulit agar senantiasa lembab. Belum ulang persentase bahan alami yang melembutkan kulit menjadikan bayi nyaman disaat disentuh (1,2,3).

4. Bedak bayi

Perlu tidak sih, punya bedak bayi sebagai anggota berasal dari kronologis skincare-nya? Jawabannya adalah tergantung. Jika buah hati punya rekam jejak masalah pernafasan bawaan maka sebaiknya bedak bayi dilewatkan saja dikarenakan berpotensi turut terhirup dan masuk ke paru-paru. Namun, didalam situasi ideal pemakaian bedak bayi boleh saja kok, mengingat fungsinya untuk menyerap keringat, mengharumkan dan melindungi kulit agar senantiasa lembut. Agar lebih aman, pastikan bedak yang dipilih bebas persentase talc dan senantiasa jauhkan pemakaiannya berasal dari area muka dan kelamin (1).

5. Minyak telon

Di Indonesia, minyak telon terlampau umum digunakan sebagai product perawatan kulit bayi untuk membuatnya terasa hangat dan nyaman selama hari. Dibandingkan bersama minyak kayu putih, minyak telon beri tambahan sensasi hangat yang lebih enteng untuk bayi agar tidak terlampau panas di kulit. Saat ini biasanya minyak telon diperkaya bersama persentase bahan alami yang bisa melindungi berasal dari gigitan nyamuk, seperti lavender atau eucalyptus demi memastikan si Kecil aman berasal dari serangan serangga yang membuat kulitnya gatal kemerahan. Produk skincare ini mesti ada di rumah terutama andaikan orang tua berada di area bersama hawa dingin.

6.  Salep Pelindung/ Barrier Ointment

Ruam adalah salah satu masalah kesehatan kulit bayi yang terlampau sering berjalan terutama pada buah hati yang masih berusia kecil. Kendati bukan perihal yang membahayakan jiwa, namun tidak bisa dipungkiri bahwa ruam akan membuatnya tidak nyaman. Jika dibiarkan, iritasi kulit yang mula-mula hanya kemerahan bisa meradang dan nyeri. Itulah sebabnya, tak hanya 5 product skincare bayi di atas jangan lupa juga untuk menyiapkan salep pelindung/ Barrier Oitnment atau sering juga disebut salep ruam yang punya efek menambah skin barrier dan meredakan iritasi. Sebagai saran, pilihlah product bersama persentase pro Vitamin B5 yang melembabkan sekaligus melembutkan kulit si Kecil (1,3).

Tentang Penulis

admin3