Event Fashion Indonesia yang Ketenarannya Mendunia

Sejak pertengahan tahun 2000-an, industri mode Indonesia mengalami pertumbuhan yang terbilang pesat. Hal ini mengetahui muncul berasal dari banyaknya brand-brand fashion lokal baru yang lahir dan juga banyaknya event-event fashion Indonesia yang sesudah itu mendunia. Mulai berasal dari karnaval baju daerah, pameran clothing apparel yang diikuti ratusan distro lokal, perhelatan fashion week, hingga pameran baju muslim, seluruh kini ikut meramaikan industri mode dalam negeri. Hal ini tunjukkan bahwa karya-karya anak bangsa juga dicintai dan patut diperhitungkan di kancah internasional. Berikut adalah sebagian event fashion Indonesia yang populer hingga ke luar negeri:

Event Fashion Indonesia
Indonesia Fashion Week

Indonesia Fashion Week atau IFW adalah gelaran fashion lokal yang diprakarsai oleh Poppy Dharsono, Pia Alisjahbana, Harry Darsono dan 20 perancang lain sejak tahun 2011 sebagai usaha Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) untuk mempromosikan budaya Indonesia dan juga karya perancang dalam negeri kepada khalayak luas. Dalam desawarsattaking.com ajang tahunan ini, lebih berasal dari 20 peragaan busana, 10 seminar, dan juga 10 talkshow diselenggarakan dalam jangka waktu satu minggu penuh.

Meski baru diselenggarakan kira-kira 6 kali, Indonesia Fashion Week terbukti udah punyai pamor bahkan di kelas mancanegara. Mode-mode yang dipamerkan dalam pagelaran ini kerap jadi acuan tren fashion, tak cuma di Indonesia, tetapi di negara-negara Asia lainnya layaknya Malaysia, Singapura, dan Brunei. Indonesia Fashion Week juga disinyalir udah menolong pertumbuhan industri fashion dalam negeri secara signifikan, bersama nilai ekspor fashion yang raih angka 10 miliar dolar terhadap tahun 2013. Tiap tahunnya, acara IFW yang melibatkan berbagai pelaku industri fashion, merasa berasal dari perancang busana, stylist, fotografer, model, agensi, hingga jurnalis ini mendapat dukungan penuh oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Pariwisata, dan juga Kementerian Perindustrian.

Jember Fashion Carnaval

Siapa yang tidak mengetahui Jember Fashion Carnival? Acara yang satu ini udah benar-benar populer hingga ke berbagai belahan dunia. Mulai dihelat terhadap tahun 2003 atas inspirasi perancang baju Dynan Fariz, Jember Fashion Carnival diselenggarakan tiap tiap bulan Agustus di sepanjang jalur utama kota Jember. Keseluruhan pagelaran JFC meliputi empat mata acara utama, yakni Kids Carnival, Artwear Carnival, Waci, dan Grand Carnival. Lebih berasal dari 2000 peserta turun ke jalur sepanjang 3,6 km untuk perlihatkan kostum bersama dekorasi meriah yang bernuansa kedaerahan.

Acara Jember Fashion Carnival awalannya bermula berasal dari perayaan Reog Ponorogo yang selamanya diselenggarakan di Jember tiap tahun. Berangkat berasal dari Reog, Dynan Fariz mempunyai inspirasi untuk mengadakan sebuah parade kostum yang menyerupai arak-arakan fashion yang biasa diselenggarakan di Amerika Selatan, tetapi selamanya bersama identitas atau tipe khas warga Jember sendiri. Keunikan dan kemegahan kostum yang tercipta dalam acara Jember Fashion Carnival ini udah seringkali jadi perhatian dunia dan diinformasikan di banyak media-media internasional. Bahkan, presiden Indonesia Jokowi sendiri udah mengakui Jember Fashion Carnival sebagai keliru satu ikon Indonesia.

JakCloth

Event fashion Indonesia ketiga yang memadai mendunia adalah JakCloth atau Jakarta Clothing Festival, pameran product clothing line terbesar dalam negeri yang mencampurkan konser musik bersama sale product fashion. Sama layaknya Indonesia Fashion Week dan Jember Fashion Carnival, JakCloth diselenggarakan tiap tahun sejak tahun 2008. Pendirinya adalah Ucok Nasution, laki-laki yang dahulu berkarir sebagai event planner.

Dalam perhelatan JakCloth yang digelar di Parkir Timur Senayan, lebih berasal dari 300 clothing brand/distro lokal yang jadi peserta acara bakal memberi disc. besar-besaran untuk berbagai product fashion mereka, merasa berasal dari baju, celana, topi, hingga sepatu. Bahkan, banyak brand yang sebabkan koleksi baru spesifik untuk dijual di JakCloth bersama harga terjangkau. Semakin lama, JakCloth tidak cuma diselenggarakan sekali dalam setahun, tetapi bisa hingga tiga kali: JakCloth Summer Fest, JakCloth Lebaran Sale, dan JakCloth Year End Sale. Selain pameran dan disc. pakaian, JakCloth juga selamanya ditambah bersama tampilan musik berasal dari puluhan musisi-musisi indie, lokal, maupun internasional. Beberapa artis mancanegara yang pernah manggung di JakCloth diantaranya adalah Secondhand Serenade dan Yellow Card. Alasan terakhir yang menjadikan JakCloth benar-benar populer di kalangan anak muda Indonesia adalah gara-gara tiket masuknya yang benar-benar terjangkau, yakni cuma Rp25.000.

Tentang Penulis

admin4